Yoga Ternyata Halal


Yoga : dalam bahasa sansekerta berarti “Persatuan” dalam arti yang bebas adalah keseimbangan dalam setiap segi kehidupan, lahir dan batin, hidup dan mati, dunia dan akhirat.
Pelaku yoga disebut yogi : memahami arti mendalam tentang yoga dalam makna ketuhanan, yang meyakini bahwa seluruh alam semesta dan isinya adalah Tuhan. Dimana dalam agama islam hal ini termasuk tingkatan tauhid yang tertinggi. Yoga juga tidak boleh di praktekkan oleh wanita yang sedang hamil dan menstruasi karena dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh secara fisik maupun mental, sama seperti shalat.
Yoga memiliki gerakan-gerakan dengan mengatur pernafasan secara mendalam dan konsentrasi tinggi, dalam islam hal ini di sebut khusyuk, dan gerakan yoganya dalam gerakan sholat, misalnya ruku’ yang membagi berat badan ke bagian separuh badan, dan sujud, yang membagi titik berat badan hingga seimbang dan tidak menitik beratkan badan pada tumpuan kaki dan pingul yang selama ini menjadi tumpuan seumur hidup. Ada juga aliran Tareqat yang menggunakan gerakan yoga dan dipadukan dengan Dzikir Sirr.
Dalam yoga juga disarankan dilakukan pada pagi dan petang, sama seperti dalam islam, juga disarankan untuk mandi atau membasuh diri sebelum melakkukan yoga agar saraf2 menjadi rilex, dalam islam ini disebut wudhu. Yoga adalah baik, dan sangat bermafaat baik secara spiritual maupun demi kesehatan. Terlepas dari mana sumber ilmu yoga ini. Yang jelas Allah Maha Sumber Ilmu.