Motivator ?? Omong Doank


why traine Motivator ??

Posted by: rizal saputra on: July 30, 2008
In: Kuliah Comment!

Di tahun ini semakin banyak bermunculan motivator-motivator yang di harapkan bisa membakar semangat seseorang atau sekelompok orang yang entah mereka memang benar-benar membutuhkan motivasi atau menurut beberapa orang mereka harus di tolong.

Konsep seni memotivasi diri adalah memberikan sugesti kepada klien agar dalam melakukan apapun dan dimanapun harus memiliki kemauan untuk terus berinovasi dan terus berkembang, hingga sukses.

Ada yang lucu ketika seorang motivator Ali Murtadlo (ROADMAP TO THE TOP) sedang memberikan seminar dan presentasi di depan mahasiswa dan dosen, ketika di tanya oleh seorang mahasiswa, apakah anda telah merasa sudah sukses ?”, dia menjawab “belum”

Sukses tergantung definisi dan pemahaman masing2 individu, tapi kebanyakan kesuksesan yang di maksud kebanyakan mengarah kepada sukses material. Jika kita telah Sukses Material maka hal itu akan sangat membantu kita untuk berkonsentrasi terhadap hal-hal yang lebih penting selain materi.

Nah pertanyaannya, banyak motivator2 gadungan memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan lahan pendapatan mereka, mereka memotivasi para klien untuk terus bersemangat hingga mencapai sukses, sedangkan motivator itu sendiri memanfaatkan kegiatannya untuk menjadikan dirinya sukses secara material, tentu saja hal ini sah-sah saja, tapi bagaimana jika semua peserta trainer berniat untuk mencoba beralih profesi menjadi motivator juga?? Saya misalnya, saya mampu memotivator mereka2 yang jauh lebih dewasa dari saya, seperti para karyawan2 contohnya, bukan tidak mungkin persaingan dalam profesi seni memotivasi diri ini semakin marak dan menjamur, akhirnya kitapun tidak tahu lagi mana motivator yang berkompeten.

MENGAPA BUTUH MOTIVATOR ?

Banyak alasan di kemukakan mengapa mereka butuh sebuah kegiatan motivasi, alasan agar produktifitas meningkat (dlm perusahaan) paling banyak, padahal motivator sesungguhnya tidak dapat memberikan perubahan apapun kepada peserta trainernya, hingga peserta tersebut yang memunculkan niat untuk berubah, belajar, dan berusaha keras untuk lebih maju.

Seni Motivasi, HARAM ??

Seni memotivasi diri dikenal mulai dari USA, hingga kini hampir seluruh Negara sudah memahami profesi tersebut, walaupun bentuk, metode, dan pendekatan yang di gunakan beragam dan berbeda-beda.

Untuk anda yang ingin atau tertarik untuk mengikuti training motivasi di manapun anda berada, siapapun tentornya, ingatlah untuk bijak memilih yang benar2 berlandaskan dan berasas dari ALQuran, kenapa ALQuran ??? ALQuran bukan untuk umat Islam saja, tapi untuk umat Manusia, pasti anda penasaran mengapa ALQuran begitu istimewa, jangankan non muslim, yang muslim saja jarang baca ALQuran ( mungkin karena tidak faham bhs Arab, silahkan baca saja terjemahannya ).

Luangkanlah sejenak waktu anda untuk membaca satu atau dua ayat perhari dan pelajari maksud ayat yg anda baca tersebut. Mudah2an anda berjodoh dan mendapat jawaban, sehingga anda tidak lagi merasa membutuhkan motivasi apapun. Insya Allah, anda akan bergembira setiap saat, BUKTIKAN SAJA (sampaikanlah berita gembira, sampaikanlah walau hanya satu ayat). Jangan tiap hari baca koran melulu, sekali-kali baca QOR’AN donk !!!

Untuk Muslim maupun non Muslim, janganlah malu, ragu, atau takut untuk mempelajari ALQuran, silahkan beli ALQuran dan Terjemahannya untuk anda pelajari sendiri, dan temukanlah sesuatu yang belum pernah anda temukan sebelumnya dalam hidup anda. Saya berani menjamin 100% jika anda membaca ALQuran dan memahami maksud dan isinya (tafsir) sesuatu akan terjadi pada hidup anda. Anda akan menjalani hidup anda dengan bahagia.

Kebanyakan orang mengira dengan menumpuk harta atau mencapai sukses material akan membahagiakan hidupnya dan orang disekitarnya, sehingga orang berusaha dan berlomba-lomba untuk mengejar dunia dan kekayaannya. Allah swt telah berfirman dalam ALQuran :

56:82. kamu (mengganti) rezeki (yang Allah berikan) dengan mendustakan (Allah).

Kupasan : banyak dari kita tidak mau bersyukur atas semua nikmat yang telah di berikan Allah swt kepada kita, merasa hasil yang kita kerjakan adalah semata-mata karena kerja keras diri pribadi, mengingkari pakaian, makanan, minuman, dan semua harta didunia ini adalah milik Allah semata. Manusia telah banyak mendustai (menghianati) Allah swt, padahal sesungguhnya kita sedang mendustai diri sendiri. Munafik. Tidak mengakui kebesaran ALLAH Azza wa jalla.

S U R A T A L – H A J J 22:64

Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Kupasan : Allah menegaskan bahwa tiada yang dapat menandingi Kekayaannya.

S U R A T A N – N A J M 53:48.

Dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberikan kecukupan.
Kupasan : Allah swt mengajak kita untuk merenungkan apa saja yang telah kita peroleh dari kemurahan Allah, jika anda berfikir dengan baik, maka sesungguhnya tidak ada satupun yang kita miliki di dunia ini,bahkan sehelai rambut kita adalah milik Allah Swt.

S U R A T A L – K A H F I
18:34. dan dia mempunyai kekayaan besar, maka ia berkata kepada kawannya (yang mukmin) ketika ia bercakap-cakap dengan dia: “Hartaku lebih banyak dari pada hartamu dan pengikut-pengikutku lebih kuat”.
18:42. Dan harta kekayaannya dibinasakan, lalu ia membulak-balikkan kedua tangannya (tanda menyesal) terhadap apa yang ia telah belanjakan untuk itu, sedang pohon anggur itu roboh bersama penyangganya dan dia berkata: “Aduhai kiranya dulu aku tidak mempersekutukan seorang pun dengan Dia (Allah)”.

S U R A T H U U D
11:12. Maka boleh jadi kamu hendak meninggalkan sebahagian dari apa yang diwahyukan kepadamu dan sempit karenanya dadamu, karena khawatir bahwa mereka akan mengatakan: “Mengapa tidak diturunkan kepadanya perbendaharaan (kekayaan) atau datang bersama-sama dengan dia seorang malaikat?” Sesungguhnya kamu hanyalah seorang pemberi peringatan dan Allah Pemelihara segala sesuatu.

S U R A T Y U N U S
10:68. Mereka (orang-orang Yahudi dan Nasrani) berkata: “Allah mempunyai anak”. Maha Suci Allah; ia-lah Yang Maha Kaya; kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Kamu tidak mempunyai hujah (pengetahuan) tentang ini. Pantaskah kamu mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?

Kupasan : Allah menegur kaum Yahudi dan Nasrani yang mengatakan Allah mempunyai anak (Isa/Messias/Yehovah). Kaum tersebut sebenarnya tidak mengetahui kekuasaan Allah yang tidak terbatas.

Surat Maryam

19:4. Zakaria berkata: “Ya Allah, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Allah

19:5. Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra,
19:6. yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Allah, seorang yang diridhai”.
19:7. Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.
19:8. Zakaria berkata: “Ya Allah, bagaimana akan ada anak bagiku, padahal istriku adalah seorang yang mandul dan aku (sendiri) sesungguhnya sudah mencapai umur yang sangat tua”.
19:9. Allah berfirman: “Demikianlah”. Allah berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan sesungguhnya telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu (di waktu itu) belum ada sama sekali”.

Kupasan : Nabi Zakaria memohon kepada Allah agar diberikan seorang putra sebagai pewarisnya, namun dia telah tua dan istrinya pun mandul, maka Allah swt menegaskan kepada Zakaria bahwa hal itu sangat mudah bagiNya, seperti Allah telah menciptakan manusia pertama yaitu Adam As.

Surat Maryam
19:16. Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Qur’an, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
19:17. maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

19:18. Maryam berkata: “Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Allah Yang Maha Pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa”.

19:19. Ia (Jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini adalah utusan Allah, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”.

Kupasan : Allah mengutus Jibril utk menyampaikan firman Allah, Maryam ketakutan dan ia memohon perlindungan dari Allah, lalu Malaikat Jibril mengenalkan diri dan menyampaikan maksud kedatangannya yaitu utk memberi Maryam seorg anak .

19:20. Maryam berkata: “Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!”
19:21. Jibril berkata: “Demikianlah. Allah berfirman: “Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan.”
19:22. Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
19:23. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”.
19:24. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Allah telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
19:25. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.
19:26. Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa kepada Allah Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini”.

Kupasan : Allah lah yang merawat Maryam ketika Maryam merasakan pedih dan hmpir berputus asa demi menahan sakit yang dideritanya, maka dgn KemurahanNya sehingga Pohon Kurma dan Sungai2 tunduk atas izin Allah. Dan Pohon Kurma itulah yang menjadi sejarah dalam proses kelahiran Nabi Isa AS. Bukan Pohon Cemara

19:27. Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar.
19:28. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,
19:29. maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?”
19:30. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.
19:31. dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
19:32. dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
19:33. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

Kupasan : Ketika maryam kembali ke kaumnya, ia mendapatkan berbagai celaan dan pertannyaan ttg asal usul bayi tersebut. Lalu Maryam tidak menjawab melainkan menyuruh kepada mereka utk bertanya kepada bayi tersebut, lalu dengan izin Allah, bayi tersebut menjawab pertanyaan mereka.
19:34. Itulah Isa putra Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

19:35. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata
“Jadilah”, maka jadilah ia.

19:36. Sesungguhnya Allah adalah Sesembahanku dan Sesembahanmu, maka sembahlah Dia oleh kamu sekalian. Ini adalah jalan yang lurus.

19:37. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang ada) di antara mereka. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang kafir pada waktu menyaksikan hari yang besar.

19:38. Alangkah terangnya pendengaran mereka dan alangkah tajamnya penglihatan mereka pada hari mereka datang kepada Kami.
Tetapi orang-orang yang lalim pada hari ini (di dunia) berada dalam kesesatan yang nyata.
Kupasan : Maka pada hari itu, mereka berselisih, adapun dari mereka yang tidak beriman mengatakan bahwa Isa adalah Anak dari Allah swt, lalu Allah menyesatkan mereka
yang telah mengotori kesucianNya.
Dalam surat Maryam; AlQuran mencoba untuk membuka pikiran kita bahwa kelahiran ajaib yang dialami maryam bukanlah hanya Kelahiran ISA saja, namun Yahya Putra Zakaria
juga mempunyai proses kelahiran yang sama dengan isa, yaitu tanpa disentuh oleh lelaki, Sesungguhnya yang demikian itu
adalah mudah bagi Allah SWT. Subhanallah.

Advertisements

3 comments

  1. wawan · February 26, 2009

    klo saya seh al-quRAN itu adalah proses perjalan rasullulah mencapai kefitrahan yang sempurna karena setiap surah yg turun itu ada asbabul nuzulnya(sebab-sebab turunnya suatu ayat) yg ditujukan kepada rasulullah baik itu berupa larangan atau pun perintah. oleh sebab itulah mengapa kita diwajibkan membaca dan memahami al-quran(bersambung)

  2. ismail4andi · February 24, 2009

    wah…. kayanya smua ini “bullshit” aja neh…. cuman omong kosong doank… masuk kuping kiri kluar kuping kanan. coba buat penulis tolong jawab pertanyaan saya…. siapa? yg memegang hujjah antara allah dgn mahluknya????? bukankah para nabi dan rasul hanya bertugas menyampaikan risalah. baca al-quran smuanya berisi perjalanan kehidupan seorang muhammad bertemu tuhannya. so… what going on now beb

    • rizal saputra · February 26, 2009

      trims atas komennya…wah pertanyaannya ngeri juga, hihihi,…tapi sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap tulisan saya sendiri maka saya mencoba menjawabnya..tapi sebagai catatan, saya hanya manusia biasa juga yang masih dalam proses mensucikan diri, jangan beranggapan saya orang suci ya….hehehe
      Begini….
      Pertama, Al-Quran tidak semuanya berisi ttg perjalanan kehidupan seorang Nabi Muhammad SAW saja itu salah besar, coba liat aja surah Al-Ikhlas, sepenuhnya mengungkapkan kesombongan Allah, tentang Dzatnya yang tiada satupun menyerupainya.
      Sepengalaman saya, ternyata Al-Quran memang mukjizatnya luar biasa, kalamnya, suaraNya memang ada ketika batin kita di berikan hikmah untuk menerima dan mendengar suaraNya, tentu saja ini gak bisa di komplain karena ini pengalaman pribadi saya, bagi yang belum pernah merasakan hal yang saya rasakan tentu saja tidak percaya bahkan tertawa,hehehe…
      Coba pikir, kenapa mukjizat yang teristimewa berupa AlQuran?? padahal nabi2 sebelumnya mempunyai mukjizat yang luar biasa, tapi kenapa kepada nabi terakhir ini, hanya berupa buku (kitab = buku)???
      Tentu saja banyak orang nomor satu didunia ini tak terlepas dari buku, contoh kecil, orang nomor satu di indonsia, SBY misalnya, beratus2 buku telah dia baca kaji paham dan di amalkannya, so kalo anda bertanya, kenapa mesti percaya sama buku? toh buku buatan manusia juga, kalo saya bilang, emang sih buku buatan manusia, tapi apa yang membuat orang bisa menciptakan buku, pikiran yang bagaimana yang mampu menciptakan hal seperti itu?? tentu saja atas kuasa Azza wa jalla. Nah, pernah kah anda mencoba menulis sebuah buku?? bagaimana rasanya?? Bisa?? Tentu bisa, tapi dengan ilhamNya pasti donk ah…
      Nah untuk itu, kita perlu menggali lebih dalam sebenarnya apa alasan Allah mewariskan kitab AlQuran untuk umat manusia?? pasti ada apa2nya. Alquran, tafsir itu untuk orang awan, takwilnya untuk orang Khas. Seperti para wali. Tapi ingat waliyullah juga manusia, dan godaan dalam memasuki makrifatnya sangatlah besar, sedangkan malaikat sendiri tidak mampu memasuki alam makrifat karena akan terbakar. (NB : kalo bingung PEGANGAN YA hehehe)

      Nah, sekarang pertanyaan “Siapa yang memegang Hujjah antara Allah dengan Mahluknya?”
      pertama-tama, kita perjelas dulu arti Hujjah, hujjah, berarti bisa berarti pendapat, ketentuan, atau perkataan dari para sahabat. Nah dari sini saya berfikir mungkin penanya salah menulis atau mengartikan,jadi silahkan perjelas dulu hehehe…
      wasalam

Comments are closed.